Langsung ke konten utama

Syofyani Bustaman*; Mengabdikan Hidup Pada Kesenian


Disalin dari webblog: Bundo Kanduang

Dalam pengabdian didunia gerak dan tari, lebih dari 50 tahun – Ibu yang hampir memasuki usia 3/4 abad ini sudah malang melintang dibidang seni. Ia memang pantas disebut sebagai seniwati Minangkabau. Melangkahkan kakinya ke Mancanegara membawa missi kesenian sejak tahun 19 62 silam, dan telah menjejakkan kaki di belahan dunia manapun hingga lebih dari 40 kali kunjungan. Jenis tarian yang dimunculkannya meliputi : tari pesambahan, tari indang, tari sewah, manggaro, pencak silat, dll.


Pertama kali – Ia mendirikan  group tari dengan beberapa orang mahasiswa Ikip – Padang pada 15 Februari tahun 1962, ketika itu para mahasiswi ini akan mengikuti festifal kebudayaan Mahasiswa di Bali. Sebagai seorang mahasiswa, Syofiani selalu berupaya menjadi pemprakarsa untuk menciptakan tari-tari baru – karena ia memang memiliki bakat dibidang itu. Ia selalu ditunjuk sebagai leader dalam group tari mahasiswa itu. Seluruh kegiatan tari menari ini berpusat di Kota Bukittinggi, karena ia menjalani studynya sebagai mahasiswa dari Jurusan Bahasa Inggris dari IKIP – PADANG kala itu.


Sementera itu seorang musisi muda yang bernama Yusaf Rahman yang saat itu menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian – menjadi motivator untuk kemajuan group tari Syofiani dan kawan – kawan. Yusaf Rahman muda bertindak selaku pencipta lagu untuk menyertai tarian yang diciptakan Syofiani. Keduanya bekerjasama untuk Group tari itu dan tiada hari harinya tanpa tari dan musik. Setelah mereka menikah, pasangan ini menjadi ” hati dan rasa dari group itu.  Yusaf Rahman menciptakan lagu dan Syofiani sebagai kreografernya.


Syofiani memiliki  dua studio yakni di Padang dan di Bukitinggi. Group tarian Syofiani mengajarkan lebih dari 350 anak-anak setiap tahun. Mereka diasuh oleh 10 orang penari profesional dan asistennya . Para murid-muridnya akan memepelajari 6 tarian setiap tahunnya.


Dengan dukungan dari Gubernur Sumbar khususnya Bukitinggi dan Padang serta masyarakat pencinta seni Minangkabau, group ini telah memiliki reputasi nasional dan Internasional. Merekapun dikenal penampilannya pada event dan festifal di dunia.


Tarian yang menjadi trademark dari grup tari Syofiani adan Tari piring di atas pecahan kaca. Tarian ini adalah tarian spesifik anak pasangan pasangan almarhum Bustamam St. Makmur dan almarhumah Saiyar Bustaman.. Tari ini warisan kakeknya Dt. Tumanggung. Biasanya penari yang berada di atas pecahan kaca adalah keluarga dekat. Yang pertama membawakan tari piring adalah adik ayah dan adiknya sendiri.

Sekali waktu, ketika hendak melakukan pementasan adik Ani tidak di tempat. Artinya tak ada yang tampil. Yang mau tampil pun tak ada. Memang banyak penari dalam grup yang diasuh kakeknya itu, tetapi mereka semua masih termasuk orang luar. Tak ada pilihan lain. Ani ditunjuk menggantikan. Mau tak mau Ani harus tampil. Tentunya sebagai pemula, ia sangat khawatir. Sebagai kanak-kanak, rasa takutnya berlebihan. Ia menolak. Dalam bayangannya muncul hal-hal buruk. Bagaimana kalau pecahan kaca itu melukai kakinya? Saat itu benar-benar tak ada pilihan.

“Waktu itu memang saya sulit untuk memutuskan. Tapi kata kakek kami harus tetap menampilkan tari piring. Soalnya kami sudah terikat perjanjian,” jelas Ani tentang pengalaman pertamanya menari di atas kaca.

Setiap hari Ani berlatih dengan kakeknya di kampung. Sang kakek mengambil 100 buah botol bir yang sudah dipecahkan.“Saya disuruh menghentakkan kaki di atas pecahan kaca itu. Saya ragu-ragu menghentakkan kaki di atas pecahan kaca itu. Saya ragu-ragu memulai karena takut. Melihat saya cemas, kakek langsung melakukannya. Memang tak terjadi apa-apa. Saya masih takut. Kemudian saya disuruh duduk . Kakeklah yang membantu menghentakkan kaki saya ke atas pecahan kaca . Lama-lama rasa cemas saya hilang. Akhirnya saya bisa,” papar Ani mengenang masa paling berkesan dalam hidupnya.

Berikut ini sekelumit kisaha perjalanan hidupnya sebagaimana yang sudah dikupas pada awal artikel ini. Pada President Mission Culture di Pakistan, Ani harus menari di atas kaca. Lantaran takutnya Ani meminta didampingi dokter dan obat-obatan. Padahal ia tahu bahwa dokter hanya spirit mental. Andai kata ia terluka sebenarnya kuncinya ada pada Bustaman, sang ayah, ia mewakili kakeknya yang sudah tua. Sejak itu, bila menari Ani selalu didampingi ayahnya. Tari piring memang punya pengiring sebagai kuncinya. Begitulah turun temurun sampai pada anak-anak Ani.

Pengalaman menarik bagi Ani saat remaja adalah ketika ia diajak orang tua menari dalam sebuah acara hiburan bagi pejuang di masa perang. Acara tersebut berlangsung di Kuranji. Ia merasa bangga sekali dapat menyenangkan hati orang yang sedang tertekan akibat perang. Pengalaman itu sangat berarti baginya.

Dengan keberadaan seorang Yusaf Rahman, grup ini semakin eksis. Sebab dari segi music, Yusaf sangat mendukung. Ia pula yang melatih music dan mempersiapkan music untuk koreografi Ani. Pasangan serasi ini melangkah bersama-sama, mengelola sanggar tari dan music bagi anak-anak di Bukittinggi dan Padang.

Mengatur anak-anak yang kebanyakan berusia remaja, bagi Ani terasa sulit. Hal ini menyangkut kepercayaan orang tua yang telah menitipkan anaknya di sanggar untuk belajar seni. Ia mesti menjaga itu. Syukurnya, anak-anak sanggarnya tak banyak ulah. Ani menanamkan rasa persaudaraan di mana satu sama lain adalah keluarga. Masing-masing anak diajarkan bertanggung jawab pada teman lain. Tetapi tidak berarti saling tergantung. Bagimanapun, setiap anak harus mandiri.

Pertanyaan yang barangkali sering muncul adalah bagaimana sanggar Syofyani bisa tetap aktif dan bertahan haingga lebih dari 40 tahun? Menurut Ani, kuncinya adalah karena ia dan suaminya pegawai negeri, dosen UNP. Dari sanalah mereka menjamin setiap kekurangan biaya dalam perisapan sebuah pertunjukan. Kalau mengandalkan honor pertunjukan, sepertinya belum memadai meski pun grup mereka sering diundang.

“Undangan itu kan tidak rutin. Sedangkan kami harus berlatih secara kontiniu,” alasan Ani. Acapkali, saat menerima gaji uangnya langusng dimanfaatkan untuk persiapan penampilan. Syukurnya banyak pengeluaran yang bisa ditekan. Misalnya music, karena ditangani suami, honornya bisa gratis. Begitu juga dengan tata rias, ibu enam anak ini mengharuskan penarinya dandan sendiri. Apalagi pakaian dan peralatan, mereka tidak menyewa. Jadi, banyak biaya yang bisa mereka hemat.

Perjalanan sanggar yang dikomandoi Syofyani sudah terbilang banyak. Berbagai tempat yang ia kunjungi. Dari lawatan itu banyak pengalaman dan kesan yang ia peroleh.paling berkesan adalah ketika grupnya diundang oleh panitia Festival du Folklore (Festival Tarian Rakyat) di Monteiro, Prancis. Ia amat tersanjung. Sebab grup merekalah yang pertama kali tampil dalam pertemuan bergengsi ini mewakii nama Indonesia. Melalui festival itulah negara-negara Eropa bisa mengenal Indonesia.

Dalam festival tersebut, Syofyiani Dance tampil dengan tiga tarian menggunakan pakaian yang berbeda. Orang Eropa sempat terkagum-kagum, pasalnya mereka terbiasa menggunakan pakaian yang sama saat melakukan tarian. Bahkan dari awal hingg akhir pertunjukan, mereka cuma mengenakan satu baju.

“Dalam grup, hal itulah yang saya tekankan. Harus cepat dan bisa mengurus diri sendiri. Bisa dibayangkan, dalam tiga menit anak-anak harus mengganti pakaian, sunting atau tanduk kepala. Mereka sudah terlatih. Alasannya sederhana saja. Dalam perjalanan ke luar negeri, jumlah anggota amat terbatas. Kita tidak mungkin bawa rombongan besar. Makanya dalam tiap pertunjukan, urusan busana, tata rias dan pelengkapan tampil termasuk alat musik yang berat-berat harus diangkut sendiri. Tidak ada yang menolong. Semua peraturan berlaku sama, termasuk anak saya sendiri,” papar Syofyani.

Dalam festival di Prancis itu, Syofyani mendapat penghargaan sebagai grup tari terbaik pertama. Padahal Indonesia baru pertama kali ambil bagian dalam festival itu. Syofyani melihat betapa antusiasnya peserta dari negara lain melihat tarian Indonesia. Ani sangat terharu. Saking terharunya, ia sampai menitikkan air mata. Perasaan bangga, bahagia bercampir aduk. Kebanggaan tersendiri dan amat berarti karena ia sudah mempersembahkan sesuatu yang memberi posisi terhormat bagi bangsanya. Penghargaan lain, Syofyani pernah menerima Pengabdian Masyarakat Cemerlang (PMC) dari Yang Dipertuan Agung Malaysia tahun 1996 dan sebagai jasawan tahun 1997 dari Gubernur Sumatera Barat atas pengabdiannya yang tak henti dalam mengembangkan kesenian.Penghargaan lain ia juga memperoleh 63 tahun berkarya dari Depbudpar Sumbar tahun 2008, dan terbaru inspirator award dari Sushi FM pada bulan Mei 2009 lalu.

Secara rutin tahun 1991 dan 1997, Grup Syofyani diundang lagi ke Prancis untuk festival yang sama. Banyak undangan lain berdatangan. Ia sudah membawa Syofyani Dance berkeliling dunia, diantaranya Yunani, Italia, Spanyol, Australia, Swiss, Belanda, Amerika, Korea, Jepang dan seluruh negara Asean. Secara pribadi, Syofyani dan suaminya almarhum juga diundang University Kebangsaan Malaysia sebagai staf pengajar tari dan music selama 8 bulan.

Sebagai orang Timur, dalam keluarganya Syofyani menerapkan kegotong royongan. Hal satu ini sangat kental dalam keluarga besar mereka. Terutama dalam mendidik anak. Bagi keluarga Minang, hal yang biasa terlihat bila cucu diasuh dan tinggal bersama nenek atau eteknya. Ia amat lega saat harus keluar kota bersama suaminya bila di rumah ada Ibu, adik atau saudara lainnya. Bahkan pernah selama berbulan-bulan pasangan itu berada di Malaysia, anak-anaknya aman-aman saja. Mereka suadah terbiasa ditinggal. Nilai rapor mereka tetap bagus.

“Saya bangga pada mereka. Apalagi dalam darah mereka juag mengalir darah seni orang tuanya. Saya tidak pernah memaksa mereka harus belajar tari atau musik. Bakat dan kesadaranlah yang memanggil jiwa mereka untuk menekuni bidang seni,” ucap Syofyani dengan kebanggan yang sulit ia sembunyikan.

Entah kebetulan atau keajaiban apa, ada hal yang masih ia pertanyakan hingga kini. Rasanya memang aneh. Semua anak-anak yang huruf awal namanya Y (Yosi, Yovi Yosa) diambil dari nama ayahnya, berbakat dan mahir bermain music mengikuti jejak sang ayah, Yusaf Rahman. Sementara yang memiliki nama S (Soni, Sandra, Sofi) dari awal nama Syofyani, semuanya berbakat menari.

“Saya menilainya sebagai karunia dan ketetapan dari Allah. Saya amat mensyukuri semua bakat dan kemampuan anak-anak baik dalam kesenian maupun pendidikan. Dua anak saya masuk perguruan tinggi lewat PMDK,” kata Syofyani.

Padahal sebagai dosen dan pengelola grup yang lumayan besar, pasangan seniman ini sering meninggalkan anak-anaknya. Tapi ada satu hal yang selalu ia tanamkan pada anak- anak adalah selalu berpegang teguh pada ajaran Allah.

Sebagai perempuan yang sudah melanglang buana ke berbagai belahan dunia, adat ketimuran masih tetap kental pada keseharian Syofyani. Ia mengaku dibesarkan dan hidup dalam lingkungan adat serta alam budaya Minangkabau. Karena itu ia selalu memegang teguh adat dan budaya yang telah mendarah daging dalam kehidupan dan pandangan hidupnya.

“Perempuan Minang mendapat kedudukan yang terhormat. Ini bermula dari Mitos Bundo Kanduang. Perempuan Minang merupakan andalan dan tiang dari adat dan budaya seperti disebutkan dalam moto, kok tunggak dimakan bubuak tando di rumah gadang karuntuah. Artinya apabila tonggak utama rumah gadang telah keropos, itu tandanya rumah gadang akan runtuh. Bila perempuan moralnya sudah rusak, alamat budayanya akan runtuh,” kata Syofyani berpepatah. Masih banyak perumpaan yang ia sebutkan sebagai simbol yang menyatakan bahwa perempuan Minangkabau sudah mendapat tempat.

Sebagai perempuan Minang yang sudah hampir seluruh hidupnya diabdikan pada kesenian. Nenek 15 cucu ini senantiasa berupaya melestarikan seni pusaka tradisi dalam bentuk kreasi-kreasi baru. Syofyani tak pernah berhenti berkreasi. Pengabdiannya dalam dunia kesenian terutama tari tak perlu diragukan meski suaminya Yusaf Rahman telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Meski tanpa sang suami yang selalu menjadi penyemangat baginya, ia tetap berkaya, melahirkan karya-karya untuk anak bangsa ini. Karena itu pula ia mendapat penghargaan A Lifetime Achievment pada West Sumatera Tourism Award, tahun 2009 lalu. (nit)

 ==================

T*ulisan asli berjudul Syofyani Yusaf: Seniwati Minangkabau, kami tidak menggunakan judul ini karena 'Yusaf" ialah nama suami beliau dan dalam adat orang Minangkabau tidak ada kebiasaan menambah nama suami di belakang nama isteri. 


 

Komentar

Acap Dilihat

Pasar di Bukittinggi dlm Kenangan Bung Hatta

Selain dari pedagang  yang datang menjualkan barangnya, tidak sedikit pula jumlah orang yang datang berbelanja dari kota-kota kecil atau dusun-dusun sekitar Bukittinggi. Selain dari tempat berjual beli, pasar itu tempat pesiar. Dikunjungi pula oleh beratus-ratus orang dari jauh datang bertamasya ke sana untuk menghilangkan perasaan sunyi yang menghinggapinya pada tempat tinggalnya. Foto selengkapnya silahkan klik disini Like & Follow:  Bukittinggi Culture, History, & Arts Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta Museum Rumah Adat Nan Baanjuang Peninggalan Sejarah Bukittinggi Join Our FB Group: Bukittinggi Culture, History, & Arts Follow Our Instagram: Bukittinggi Culture, History, & Arts Join Our WAG: Konco Budaya

Kontak Bidang Kebudayaan

BIDANG KEBUDAYAAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BUKITTINGGI Kepala Bidang Drs. Mul Akhiar Dt. Sinaro Pamong Budaya Ahli Muda Sub Koordinator Permuseuman Beta Ayu Listiyorini, SS Sub Koordinator Cagar Budaya dan Peninggalan Sejarah Fakhri, SS Sub Koordinator Bina Seni dan Nilai Tradisi Yogian Hutagama, SST.Par, M.Sn surel: kebudayaanbkt@gmail.com linktr.ee/kebudayaan Jl. Sudirman No.9 Kelurahan Sapiran Kota Bukittinggi  26137

Tingkuluak #10

Tingkuluak merupakan salah satu Hijab perempuan Minangkabau selain Lilik . Penggunaan tingkuluak menjadi bagian dari pakaian adat. Seperti dikenal namanya 'Tingkuluak Tanduak'.  Bentuk Tingkuluak bermacam-macam, ada yang sekadar membungkus kepala sehingga rambut perempuan tidak kelihatan. Namun ada juga yang menutup hingga ke bahu serta ada pula yang mencapai dada. Seperti Tingkuluak Koto Gadang.

19. SMP N 1 Bukittinggi

No Regnas: RNCB.20181025.02.001532 SK Penetapan: SK Menteri No PM.05/PW.007/MKP/2010   Status: dilindungi Undang-Undang     Gedung Sekolah SMP 1 berada di Jalan Sudirman No. 1, Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguak Panjang. Tidak ada keterangan yang jelas mengenai riwayat bangunan ini, tetapi dilihat dari bentuk arsitekturnya tampak bahwa bangunan ini mewakili gaya yang khas pada masa kolonial yang ditunjukkan pada bangunan tembok yang kokoh dan balok-balok kayu yang besar serta ukuran pintu dan jendela yang relatif besar pula.  Sampai sekarang bangunan ini masih berfungsi sebagai sekolah (SMP 1).  Bangunan yang berada di kompleks ini terdiri dari 3 blok bangunan. Bangunan utamanya berada di tengah-tengah yang dipergunakan sebagai ruang belajar mengajar. Dua buah bangunan lain merupakan bangunan tambahan yang dibuat tahun 1985 yang difungsikan sebagai ruang majelis guru dan ruang tata usaha.

Lilik #9

Hijab memiliki banyak bentuk dan nama, sesuai dengan kebudayaan masyarakat yang memakainya. Hijab sendiri merupakan kata yang terdapat dalam Al Qur'an [1] dan Jilbab merupakan suatu kata yang populer dimasa Orde Baru. [2] Buya Hamka menerjemahkan Hijab dan Khimar sebagai 'selendang' atau ada juga yang mengatakan beliau menerjemahkannya sebagai 'Kudung' yang berarti 'Kerudung' [3]. Singkat kata, Hijab merupakan kata Syari'at yang merupakan suatu konsep tentang bagaimana seorang perempuan (muslimah) dalam menutupi salah satu auratnya. Sedangkan dalam ranah kebudayaan dikenal berbagai nama dan bentuk seperti; niqab, burqa, chadar (cadar), hijab, [4] dan lain sebagainya.

Dongeng: Nenek Tua dan Ikan Gabus

  SDN06BatamKota | Dahulu kala, ada seorang Nenek Tua yang sangat miskin. Pakaiannya, hanya yang melekat di badannya. Itu pun sudah compang-camping. Pekerjaan sehari-hari Nenek Tua itu sebagai pencari kayu bakar di hutan untuk ditukarkan dengan makanan. Di saat musim kemarau, di hutan itu, banyak sungai yang kering, dan kekurangan air. Nenek Tua pun pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar. Ketika  sampai di hutan itu, Nenek Tua itu melihat banyak sekali ikan gabus di tempat yang kekeringan, mereka sedang menggelepar-gelepar. Dia begitu gembira. “Mungkin ini rezekiku. Aku akan merasakan lezatnya daging ikan gabus. Nanti, aku akan goreng sebagian dan sebagian lagi kujual,"ujarnya membatin. Lalu, ia pun menjongkok, sambil menyaksikan ikan-ikan gabus yang menggelepar-gelepar itu. Namun, lama-kelamaan, nenek tua itu berubah niat, ia menjadi iba. Akhirnya, ia mengurungkan niatnya mengambil ikan-ikan gabus itu. Dia hanya diam, sambil memandangi ikan-ikan gabus yang tid

Pasanggrahan di Sumatera Barat Awal Abad ke-20

  Singgalang.co.id | Pelancongan adalah perjalanan dan rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh manusia, baik secara perorangan atau berkelompok ke suatu tempat untuk sementara waktu. Aktivitas ini dilakukan dengan tujuan mencari ketenangan, kedamaian, keseimbangan, keserasian dan kebahagiaan jiwa/batin. Di samping membutuhkan prasarana dan sarana transportasi, kegiatan ini juga membutuhkan sarana akomodasi. Salah satu jenis akomodasi yang dibutuhkan wisatawan adalah tempat menginap. Tiga contoh fasilitas akomodasi yang sangat lazim dikenal dan digunakan para pelancong saat sekarang adalah hotel, apartemen, dan guesthouse . Tempo doeloe, terutama pada kurun waktu empat dekade pertama awal abad ke-20, jenis-jenis akomodasi ini dikenal dengan sebutan hotel dan pasanggrahan. Sumber-sumber lama dari era Belanda, pada awalnya, mendefinisikan pasanggrahan sebagai tempat tinggal/menginap sementara bagi para ambtenar (pegawai pemerintah) atau orang-orang pemerintahan, termasuk juga aparat mil

Pacuan Kudo Bukik Ambacang

padangheritage   Catatan  @padangheritage : Bukit Ambacang, Lokasi Pacuan Kuda Tertua di Indonesia Olahraga pacu kuda sudah menjadi kegiatan umum yang dilakukan masyarakat bukittinggi jauh sebelum indonesia merdeka. Salah satu peninggalannya adalah Klub Pacu Kuda Bukittinggi yang sudah ada sejak Tahun 1889. Tulisannya termuat di sebuah tugu di dalam arena: Herdenking Van Het Veertig Jariigbestan der Fort de Koksche Wedloop Societeit 1889-1929 (Peringatan 40 tahun berdirinya klub pacu kuda Bukittinggi)

72. Rumah Wakidi

  Wakidi lahir di Plaju, Palembang, Sumatra Selatan, sekitar tahun 1889. Orang tuanya orang Jawa yang berasal dari Semarang, kemudian mereka bekerja di Plaju, Sumatra. Sejak kecil Wakidi senang melukis dan semakin berkembang bakatnya itu ketika tahun 1903 Wakidi bersekolah di   Kweekschool   (sering disebut Sekolah Raja - sekolah guru) Bukit Tinggi. Di sekolah ini Wakidi mulai serius belajar melukis dengan bimbingan guru, terutama ia melukis tema-tema pemandangan alam, seperti: ngarai, sawah, gunung, dan sungai. Wakidi lulus tahun 1908 dan mulai mengajar di sana. Ia juga mengajar di INS Kayu Tanam pada tahun 1940-an dan sejak kemerdekaan tahun 1949 ia mengajar di sekolah menengah di Bukit Tinggi.

12. Tugu PDRI

Tugu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi dibangun pada tahun 1949. Pembangunan tugu ini diprakarsai oleh Engku Buyuang Padang Dt. Sutan Marajo[1]. Tugu ini dibangun untuk mengenang Bukittinggi pernah memainkan peran sangat penting dimasa revolusi kemerdekaan yakni mejadi Ibu Kota Republik Indonesia setelah kejatuhan Jogjakarta pada masa Agresi Militer Belanda II pada tahun 1948.