Langsung ke konten utama

Kearifan Berbahasa yang Kurang



Dicopy dari kiriman FB: Zahra Ummu Hanif


Terpikir saat bunga ini viral, tak adakah nama yang lebih baik yang tidak melecehkan status seseorang? Jadi lah manusia yg berakhlak, kalau punya waktu di baca sampai habis ya.


Melihat fenomena penamaan jenis tanaman Monstera Adansonii dan Monstera obliqua menjadi “janda bolong” , terasa sekali betapa rendahnya etika berbahasa di masyarakat kita. Sebenarnya saya sudah lama ingin menulis tentang ini. Tapi mengingat dan menimbang, ketika saya yang beropini, pasti orang-orang akan menilai dari perspektif yang berbeda,

Sebenarnya saya hanya ingin membuka sedikit mata hati orang-orang yang masih punya hati dalam menilai dan berbahasa. Yang lebih miris lagi bukan hanya “janda bolong” yang jadi nama tanaman. Tapi muncul juga nama-nama turunan lainnya, seperti “janda miskin, janda sobek, janda terbuang, janda gatal, janda kaya”, and whatever lah… sampe gemetar jari saya mengetik nama-nama itu,

Dan yang lebih parah, orang-orang yang notabene berpendidikan tinggi, berkedudukan tinggi (yang pasti tidak berakhlak tinggi) juga ikut-ikutan buat postingan lucu-lucuan, “janda semakin terdepan, janda semakin naik daun, dan lain sebagainya” Apakah tidak malu dengan profil dirinya?

For Your Information [FYI], nobody want to be a widow,
Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang punya cita-cita berstatus janda. Tpi ketika Allah berkehendak, manusia bisa apa? Dan tidak ada seorang wanita pun bisa menutup kemungkinan untuk menjadi janda,

Yang jadi pertanyaan saya, kenapa status janda di jadikan bahan lecehan, cemo'ohan, lucu-lucuan, dan embel-embel negative lainnya? Seolah janda manusia paling hina di dunia? Lupakah anda bahwa Saidah Kadhijah juga janda? Dan sebahagian besar istri Rasulullah adalah janda,

Anda tidak pernah tahu seperti apa seorang janda berjuang dalam hidupnya. Baik dari segi sosial yang selalu jadi sorotan, juga dari segi ekonomi untuk bertahan hidup. Anda tidak pernah tahu, bagaimana seorang janda yang tidak menikah lagi karena berjuang demi kebahagiaan dunia dan akhirat anak-anak yatim yang dia punya.

Yang anda tau hanya “bak empek janda bolong janda sobek”. Begitu rendahnya kemampuan berfikir anda.

Kenapa image janda itu sangat negative di masyarakat?
Apakah semua janda itu jahat?
Apakah semua janda itu perebut suami orang? Tidak di pungkiri,satu dua ada yang “jahat”. Tapi apakah anda bisa menjamin bahwa semua gadis dan perempuan bersuami tidak jahat? Tidak pernah mengganggu rumah tangga orang lain? Semua itu kembali ke personalnya. Bukan statusnya.

Saya rasa anda sangat tau bahwa janda itu bukan hanya wanita muda. Janda itu sebutan untuk seorang wanita yang sudah tidak bersuami baik dia muda mau pun tua. Nah ketika anda mengolok-olok status janda dengan menyematkan ke-nama tanaman. Perhatikan lagi keluarga anda. Bisa jadi ada kakak, bibi, sepupu, nenek, atau bahkan ibu anda yang sudah janda.

Bagaimana kalau kondisi mereka kurang mampu? Tegakah anda menyamakan ibu atau nenek anda dengan tanaman keladi jelek di pinggir jalan?

Think smart!



Jangan hp nya aja yang pintar,
Kalau ada yang bilang, “alah..itu kan udah jadi nama pasaran, klo gua gk nyebut, orang lain pasti nyebut, susah deh hilangin yang udah viral”.

Tapi cobalah berfikir sebaliknya, Berusahalah untuk tidak latah, Jadilah contoh santun untuk generasi berikutnya, Ajarkan anak-anak untuk berbahasa yg pantas, Siapa tau dari anda orang-orang terinspirasi,

#copas
Siapa pun penulis nya, Terimakasih telah mewakili geramnya hati saya. Berpikirlah sebelum berkata, apakah perkataan itu bermanfaat atau tidak.

Komentar

Acap Dilihat

39. Los Saudagar

Los Saudagar atau Lorong Saudagar atau masyarakat Bukittinggi dan Agam juga mengenalnya dengan nama Balakang Pasa ialah komplek bangunan ruko peninggalan kolonial yang masih bertahan di Bukittinggi. Pada gempa tahun 2006, sebagian besar dari bangunan ruko disini hancur dan hanya menyisakan puing-puing. Kini hanya sebagian kecil dari bangunan yang masih bertahan. Komplek bangunan ini telah ditetapkan menjadi Cagar Budaya Nasional dengan Surat Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2010 dengan Nomor  Nomor PM.05/PW.007/MKP2010 . ====================== Di sebelah timur terdiri dari blok-blok bangunan berjajar yang dinamakan dengan `belakang pasar` yang dibangun pada tahun 1917 (berdasarkan yang tertera pada salah satu bangunannya). Blok ruko pada daerah ini menjual barang¬barang kodian, minyak tanah, minyak goreng dan kapuk. Jalan diantara deretan blok bangunan ini dikenal dengan nama Jalan Saudagar dan Jalan Kumango, yaitu tempat menjual barang-barang kelontong. Deretan blo

20. Sekolah MULO (SMP N 3&4 Bukittinggi)

Ditetapkan sebagai Cagar Budaya Kota Bukittinggi berdasarkan  SK Walikota No. 188.45-335-2021 Tanggal 30 Desember 2021 Bangunan SMP 3 dan 4 atau dahulu merupakan SMP 2 berada di Jalan Panorama, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguak Panjang . Berdasarkan keterangan yang didapat dari kepala sekolah, bangunan sekolah ini merupakan Sekolah MULO (sekolah menengah) pada masa Kolonial Belanda. Hingga tahun 1945 bangunan ini masih difungsikan sebagai sekolah menengah oleh pemerintah Indonesia. Setelah sekolah menengah di tiadakan kemudian pada tahun berikutnya beralih fungsi sebagai tempat percetakan "Oeang Republik Indonesia (ORI)". 

19. SMP N 1 Bukittinggi

No Regnas: RNCB.20181025.02.001532 SK Penetapan: SK Menteri No PM.05/PW.007/MKP/2010   Status: dilindungi Undang-Undang     Gedung Sekolah SMP 1 berada di Jalan Sudirman No. 1, Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguak Panjang. Tidak ada keterangan yang jelas mengenai riwayat bangunan ini, tetapi dilihat dari bentuk arsitekturnya tampak bahwa bangunan ini mewakili gaya yang khas pada masa kolonial yang ditunjukkan pada bangunan tembok yang kokoh dan balok-balok kayu yang besar serta ukuran pintu dan jendela yang relatif besar pula.  Sampai sekarang bangunan ini masih berfungsi sebagai sekolah (SMP 1).  Bangunan yang berada di kompleks ini terdiri dari 3 blok bangunan. Bangunan utamanya berada di tengah-tengah yang dipergunakan sebagai ruang belajar mengajar. Dua buah bangunan lain merupakan bangunan tambahan yang dibuat tahun 1985 yang difungsikan sebagai ruang majelis guru dan ruang tata usaha.

Lilik #9

Hijab memiliki banyak bentuk dan nama, sesuai dengan kebudayaan masyarakat yang memakainya. Hijab sendiri merupakan kata yang terdapat dalam Al Qur'an [1] dan Jilbab merupakan suatu kata yang populer dimasa Orde Baru. [2] Buya Hamka menerjemahkan Hijab dan Khimar sebagai 'selendang' atau ada juga yang mengatakan beliau menerjemahkannya sebagai 'Kudung' yang berarti 'Kerudung' [3]. Singkat kata, Hijab merupakan kata Syari'at yang merupakan suatu konsep tentang bagaimana seorang perempuan (muslimah) dalam menutupi salah satu auratnya. Sedangkan dalam ranah kebudayaan dikenal berbagai nama dan bentuk seperti; niqab, burqa, chadar (cadar), hijab, [4] dan lain sebagainya.

Dongeng: Nenek Tua dan Ikan Gabus

  SDN06BatamKota | Dahulu kala, ada seorang Nenek Tua yang sangat miskin. Pakaiannya, hanya yang melekat di badannya. Itu pun sudah compang-camping. Pekerjaan sehari-hari Nenek Tua itu sebagai pencari kayu bakar di hutan untuk ditukarkan dengan makanan. Di saat musim kemarau, di hutan itu, banyak sungai yang kering, dan kekurangan air. Nenek Tua pun pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar. Ketika  sampai di hutan itu, Nenek Tua itu melihat banyak sekali ikan gabus di tempat yang kekeringan, mereka sedang menggelepar-gelepar. Dia begitu gembira. “Mungkin ini rezekiku. Aku akan merasakan lezatnya daging ikan gabus. Nanti, aku akan goreng sebagian dan sebagian lagi kujual,"ujarnya membatin. Lalu, ia pun menjongkok, sambil menyaksikan ikan-ikan gabus yang menggelepar-gelepar itu. Namun, lama-kelamaan, nenek tua itu berubah niat, ia menjadi iba. Akhirnya, ia mengurungkan niatnya mengambil ikan-ikan gabus itu. Dia hanya diam, sambil memandangi ikan-ikan gabus yang tid

Pasanggrahan di Sumatera Barat Awal Abad ke-20

  Singgalang.co.id | Pelancongan adalah perjalanan dan rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh manusia, baik secara perorangan atau berkelompok ke suatu tempat untuk sementara waktu. Aktivitas ini dilakukan dengan tujuan mencari ketenangan, kedamaian, keseimbangan, keserasian dan kebahagiaan jiwa/batin. Di samping membutuhkan prasarana dan sarana transportasi, kegiatan ini juga membutuhkan sarana akomodasi. Salah satu jenis akomodasi yang dibutuhkan wisatawan adalah tempat menginap. Tiga contoh fasilitas akomodasi yang sangat lazim dikenal dan digunakan para pelancong saat sekarang adalah hotel, apartemen, dan guesthouse . Tempo doeloe, terutama pada kurun waktu empat dekade pertama awal abad ke-20, jenis-jenis akomodasi ini dikenal dengan sebutan hotel dan pasanggrahan. Sumber-sumber lama dari era Belanda, pada awalnya, mendefinisikan pasanggrahan sebagai tempat tinggal/menginap sementara bagi para ambtenar (pegawai pemerintah) atau orang-orang pemerintahan, termasuk juga aparat mil

Lomba Vlog untuk Umum

  Halo, Sahabat Nusa! Kamu suka videografi? Sering membuat konten video vlogging atau semacamnya di media sosial kamu? Pas sekali, agaknya! Kali ini Nusa akan mewadahi bakatmu dalam sebuah lomba vlog :) Dalam rangka meningkatkan peran aktif masyarakat dalam merevitalisasi potensi Jalur Rempah serta meningkatkan pemahaman dan pemaknaan Jalur Rempah, Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan kegiatan lomba Vlog di kompetisi Bumi Rempah Nusantara untuk Dunia!

Tingkuluak #10

Tingkuluak merupakan salah satu Hijab perempuan Minangkabau selain Lilik . Penggunaan tingkuluak menjadi bagian dari pakaian adat. Seperti dikenal namanya 'Tingkuluak Tanduak'.  Bentuk Tingkuluak bermacam-macam, ada yang sekadar membungkus kepala sehingga rambut perempuan tidak kelihatan. Namun ada juga yang menutup hingga ke bahu serta ada pula yang mencapai dada. Seperti Tingkuluak Koto Gadang.